pengantar catatan ini

panduan kewirausahaan ini merupakan salinan dari buku asli yang di tulis oleh dosen stikes muhammadiyah gombong. untuk referensi buku ini silahkan lihat daftar pustaka pada daftar isi book. maksud dari salinan ini untuk memudahkan Agung A A dalam pelajaran KEWIRAUSAHAAN.

Total Tayangan Halaman

mengunduh catatan kuliah

mengunduh catatan kuliah
materi kuliah keperawatan komplit. tugas tugas sering muncul. bentuk slait, makalah, artikel, proposal, laporan, dan lain-lain

cari

Sifat-sifat wirausaha


Perecaya diri
Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang  jasmani dan rohaninya. Sehimgga tidak tergantung kepada orang lain. Mempunyai tanggung jawab yang tinggi, obyektif dan kritis, emosianal yang setabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam.
Berorientasi pada tugas dan hasil
Berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise. Kita akan mampu bekerja keras, enerjik, tidak malu dilihat teman.pengambilan resiko
Wirausaha penuh resiko dan tantangan dan persaingan. Bisa meliputi harga turun naik, barang tidak laku dan lainnya. Namun semua tantangan ini harus dihadapi dengan penug perhitungan.
Kepemimpinan
Harus mau menerima kritik dari bawahan dan bersifat responsive ini merupakan perilaku yang hendaknya dimiliki seorang pemimpin dalam berbisnis.
Keorisinilan
Yang dimaksid orisinil adalah tidak mengekor kepada orang lain tetapi mempunyai pendapat sendiri. Idenya berasal dari diri sendiri tidak meniru mode yang sedang muncul. Orisinil tidak dituntut harus baru tetapi hasil produk tersebut merupakan hasil kombinasi dari sesuatu yang sudah ada. Maka hal ini bisa disebut sesuatu yang baru.
Berorientasi kemasa depan
Untuk menghadapi pandangan jauh ke depan, wirausahawan menyusun perencanaaan dan strategi yang matang. Sehingga jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan
Kreativitas

Menurut Conny Setiawan (1984:8) kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Perlu diperjelas bahwa yang baru tidak perlu seluruhmya baru, tetapi bagin-bagian produknya saja.

Konsep sepuluh dari Bygrave
Dream
Seorang wirausaha mempunyai visi bagaimana keinginanaya terhadap masadepan pribadi ban bisnisnya, dan yang paling penting adalah dia mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impian tersebut.
Decisiveness
Wirausahawan tidak bekerja lambat. Kecepatan dan ketepatan dia mengambil keputusan adalah merupakan factor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.
Doers
Wirausahawan tida mau menunda-nunda kesempatan yang dapat dimanfaatkan.
Determination
Seorang pembisnis melaksanakan kegiatannya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak mau menyerah. Walaupun seseorang tersebut dihadapkan padanhalangan atau rintangan yang tidak mungkin diatasi.
Dedication
Perhatian dan kegiatanya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnis.
Devotion
Artinya kegemaran kegila-gilaan. Halini yang menjadikan merasa senamg dalam bekerja. Kegemaran bisamemunculkan kreatif dalam bekerja. Wirausahawan akan mencintai pekerjaan bisnisnya.
Details
Bisa diartikan selalu memperhatikan factor-faktor kritis. Seseorang tidak mengabaikan factor-faktor yang kecil.
Destiny
Bertanggung jawab  terhadap nasib dantujuan hendaknya dicapai
Dollars
Wirausaha tidak sangat mengutamakan kekayaan. Motifasi yang digunakan dalam berkerja bukan memperoleh uang, akantetapi unga akan dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya.
Distribute
Pengusaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya terhadap orang-oarang kepercayaanya. Orang yang dapat dipercaya dalam bisnis adalah orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dalam bidang bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lagu Kebangsaan Indonesia